Kontribusi Ilmuwan Islam terhadap perkembangan Sains Dunia bab1



Bab I
Pendahuluan



1.1       Latar Belakang
            Ilmuwan adalah seseorang yang melakukan penelitian ilmiah untuk memajukan pengetahuan di bidang yang diminati. Sedangkan sains adalah usaha-usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Ilmuwan sains adalah seseorang yang melakukan penelitian ilmiah untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia.

Islam sangat mengapresiasi akal dan ilmu, seruan Allah untuk menuntut ilmu salah satunya terdapat dalam Al Quran Surat Al Mujadalah ayat 11 yang berbunyi ”Allah akan meninggikan orang yang beriman di antaramu dan orang orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.S. Al Mujadalah:11). Oleh karena itu banyak ilmuwan Islam yang meneliti dan melakukan percobaan dalam rangka menunut ilmu dan membuat banyak kontribusi bagi dunia sains, tapi sayangnya mereka tidak banyak dikenal oleh khalayak ramai, tetapi yang dikenal adalah ilmuwan Barat.

Kita pasti akan langsung  mengetahui jika ada yang menyebut Albert Einstien, Thomas Alva Edison. Tapi, akankah kita akan mengenali jika yang disebut adalah Ibnu Haitham atau Al Kindi. Pasti sebagian dari kita tidak mengenalinya, padahal ilmuwan Islam seperti Ibnu Haitham dan Al Kindi pun juga mempunyai andil besar dalam dunia sains, tapi mengapa mereka tidak banyak dikenal. Kebanyakan dari kita menyanjung ilmuwan sains Eropa, padahal banyak dari ilmuwan terkenal Eropa belajar dari penemuan dan penelitian ilmuwan Islam, seperti Ibnu Haitham yang memiliki gelar “bapak optik” , karya-karya dan penelitian beliau menjadi inspirasi beberapa ahli sains barat seperti, Kepler (penemu mikroskop dan teleskop), Roger Bacon, Witelo, dan John Peckham. Sayangnya, kebanyakan dari ilmuwan Islam tidak banyak dikenal dan namanya hanya tinggal sejarah.

Penulis membuat kartul ini sebagai sarana untuk mengenalkan generasi sekarang dengan ilmuwan-ilmuwan Islam yang dengan penemuannya telah membuat hidup kita lebih mudah dan juga menambah wawasan kita.

1.2       Rumusan Masalah
Berdasarkan tema dan tujuan, Penulis lampirkan beberapa kemungkinan masalah yang akan Penulis ulas di kartul ini.
1.     Apa yang menyebakan ilmuwan-ilmuwan Islam dapat menghasilkan karya-karyanya ?
2.     Siapa saja tokoh-tokoh ilmuwan Islam ?
3.     Apa pengaruh dari perkembangan ilmu pengetahuan Islam  ?
4.     Apa yang menjadi landasan ilmuwan untuk meneliti  ?
5. Dimasa apa, ilmuwan Islam membuat banyak penemuan dan perkembangan ilmu pengetahuan ?

1.3       Batasan Masalah
Pembahasan di kartul ini akan dibatasi untuk  kontribusi ilmuwan Islam terhadap sains modern, sesuai dengan tema dan tujuan kartul ini. Adapun pertanyaan lain akan digunakan sedikit sebagai pelengkap.

1.4       Tujuan Penulisan
·       Untuk memberikan informasi  tentang kontribusi ilmuwan Islam terhadap dunia sains.
·       Mengetahui tokoh-tokoh ilmuwan Muslim yang  telah membuat banyak penemuan yang dirancang untuk  mempermudah hidup dan menambah wawasan kita dalam segala bidang.

1.5       Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data ini bersifat studi pustaka yang berarti pengumpulan data berasal dari data yang sudah ada, baik di buku maupun di internet.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cita Citaku

Sinopsis "menjadi blogger ternama"

PENGALAMAN MPLS SMP LABSCHOOL JAKARTA