PENGALAMAN MPLS SMP LABSCHOOL JAKARTA

PENGALAMAN MPLS
SMP LABSCHOOL JAKARTA
                                 

Hari Sabtu, tanggal 08 Juli 2017,  adalah hari pertama masuk sekolah di SMP Labschool Jakarta. Pukul 06:55 WIB saya  tiba di sekolah, ternyata acara sudah dimulai. Segera saya melihat papan pengumuman pembagian kelas, saya ditempatkan di kelas VIID. Kemudian saya bergabung dengan  teman – teman dilapangan berbaris sesuai aturan untuk mengikuti acara penyambutan siswa baru. Ada sambutan dari Kepala Sekolah dan perkenalan guru – guru SMP Lab School Jakarta.
Pada hari itu  dimulailah Pra MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) untuk Angkatan ke-26  SMP Labschool Jakarta. Saya berkenalan dengan banyak teman baru dari berbagai Sekolah Dasar di Jakarta dan menemui beberapa teman yang berasal dari SD yang sama.
Setelah acara dilapangan selesai,  kita semua menuju ke kelas masing – masing, saya menuju ke kelas VIID. Wali kelas VIID bernama ibu Wianti yang biasanya dipanggil Bu Wiwit. Bu Wiwit memperkenalkan diri, beliau orangnya sangat ramah dan baik. Selanjutnya diperkenalkan kakak – kakak pendamping dari OSIS yang akan memandu kami dalam mengikuti kegiatan MPLS. Ada kakak  Naufal Yudha, kak Rizqi, kak Odin dan kak Rania. Saat itu saya duduk bersebelahan  dengan teman yang berasal dari SD saya dulu yang bernama Albi, karena saya belum mengenal teman yang lainnya. Hari itu kita semua mendapat tugas untuk membuat name tag yang akan dipakai pada hari Senin. Pukul 09.00 WIB kita semua sudah pulang.

Hari kedua pra – MPLS.  Senin,10 Juli 2017.

Acara hari itu adalah APEL pagi pembukaan PRA MPLS yang kemudian dilanjutkan acara halal bihalal bersama dengan semua guru, kakak OSIS dan peserta MPLS. Disana saya berkenalan dan bersalaman dengan guru-guru dari  Labschool Jakarta dan kakak OSIS.
Karena saat itu pulang pukul 09.00 WIB,  saya berniat untuk mengunjungi perpustakaan bersama teman-teman, tetapi sesampainya disana, ternyata perpustakaannya sudah tutup karena ada acara halal bihalal, dan saya pun langsung pulang dijemput mama dan adik yang sudah menunggu dari tadi.


Hari ketiga. Selasa, 11 Juli 2017.

Saya masuk sekolah lagi seperti biasa, setelah menaruh tas dikelas,  semua siswa diminta untuk berkumpul di lapangan melaksanakan apel pagi pembukaan MPLS untuk Angkatan ke- 26  SMP Labschool Jakarta 2017.  Apel Pagi memakan waktu yang cukup lama sehingga saat kembali ke kelas saya sangat haus dan langsung mengambil botol minum, setelah beristirahat sejenak, kami langsung dipanggil untuk pergi ke Teater kecil yang terletak di lantai tiga.

Disana, siswa – siswi Labschool Jakarta sangat senang sekali karena mendapatkan motivasi luar biasa dari Pak Arief Rachman, yang merupakan tokoh penting dalam sejarah sekolah  Labschool. Beliau menyampaikan bahwa sekolah kita tidak kalah mutunya dengan sekolah lainnya di Indonesia, selain itu beliau juga menyampaikan bahwa kepintaran seseorang tidak berdasarkan IQ melainkan berdasarkan hal-hal lain, sedangkan IQ hanya menyumbang 15-20% dari kepintaran seseorang. Bagi diri saya, ceramah itu sangat memotivasi dan membuat diri saya semakin bersemangat untuk giat belajar meraih prestasi. Tidak salah, saya memilih melanjutkan sekolah di SMP Labschool Jakarta tercinta ini.

Selanjutnya kami makan siang bersama, dengan memakan bekal masing – masing yang telah dibawa dari rumah kemudian dilanjutkan shalat dzuhur. Sesudah shalat dzuhur, kembali kami mendengarkan penyampaian materi oleh bapak Kepala Sekolah SMP Labschool yaitu bapak Asdi Wiharto, kemudian dilanjutkan penyampaian materi yang di berikan oleh Bapak Yudi Rochman (Bp.Yuro) mengenai  Peraturan dan Tata tertib Labschool. Hari ini acaranya memang sangat padat. Sebelum menunaikan shalat azar berjamaah, kami kembali diminta ke kelas karena ada yang mau disampaikan oleh wali kelas, yaitu mengenai persiapan untuk mengisi acara Pensi.

Hari Keempat,  Rabu 12 Juli 2017.
Kegiatan kita pada pagi hari ini yang pertama adalah mengikuti   simulasi lari pagi untuk hari jumat yang rutenya yaitu mengelilingi perumahan sekitar Labschool dan Universitas Negeri Jakarta. Bagi saya kegiatan ini tidak asing karena saya berasal SDN Rawamangun 12 Pagi yang berlokasi di belakang SMP Labschool, sejak SD kami sudah melakukan hal ini, bahkan tidak jarang kami juga bertemu dengan kakak – kakak dari Labschool yang melakukan lari pagi. Acara kemudian dilanjutkan senam bersama. Selanjutnya, kami mendapatkan materi yang disampaikan oleh Bapak Husein. Setelah selesai kami mengganti baju olahraga menjadi baju pramuka di toilet yang cukup ramai karena seluruh murid kelas VII (tujuh) di instruksikan untuk mengganti baju pada saat istirahat.
Acara selanjutnya yaitu ada kegiatan Labzone, yaitu berkeliling untuk melihat fasilitas fasilitas Labschool mulai dari TK, SMP, dan SMA yang di pandu oleh kakak – kakak pendamping. Pertama kami mengelilingi bangunan SMP, diperkenalkan letak ruangan kelas VIII, kelas IX, ruangan teater, ruangan seni rupa dll, bahkan ruangan pak Yuro juga. Selanjutnya menuju bangunan SMA dan TK Labschool.  Setelah itu,kami menuju Gedung BPK, disitu ada banyak ruangan seperti ruangan laboratorium fisika, biologi , ruang komputer, ruang auditorium, ruangan bahasa  Indonesia,dan yang paling menarik adalah ruangan perpustakaan. Ternyata Labschool memiliki fasilitas yang sangat banyak dan lengkap contohnya perpustakaannya, perpustakaan Labschool sangat bagus sehingga meraih penghargaan sebagai perpustakaan terbaik seDKI Jakarta. Bagi saya, tempat yang paling menyenangkan di SMP Labschool ini adalah perpustakaan, karena tempatnya nyaman, koleksi bukunya lengkap dan dingin. Aku sangat suka sekali membaca.
Setelah acara labzone selesai, dilanjutkan sholat dzuhur berjamaah dan makan siang bersama, tentu saja makan bekal yang sudah kita bawa masing – masing dari rumah. Selanjutnya  kita pun bersiap untuk pelantikan Pramuka Penggalang Ramu, pelantikan berlangsung dengan tertib dan khidmat tetapi saya sangat capek. Pukul 15.00 WIB akhirnya acara selesai, selanjutnya  kita bersama - sama menunaikan sholat Ashar berjamaah dan pulang. Mama saya sudah menjemput didepan sekolah.

Hari kelima. Kamis, 13 Juli 2017.

Hari ini adalah hari yang paling saya tunggu – tunggu dalam seminggu ini, karena kami akan menyaksikan PENSI (Pentas Seni ) dan sekaligus hari terakhir MPLS. Teman – temen  dari seluruh kelas VII A – F akan menampilkan baka-bakat yang dimilikinya. Sangat seru dan menyenangkan. Acara Pensi diadakan di ruangan teater kecil, kebetulan kelas saya VII D mendapat undian sebagai penampil pertama. Kami menampilkan paduan suara menyanyikan lagu yang berjudul” Ipang Sahabat Kecil “, selain itu teman – teman yang berbakat dari kelas VII  D juga mengisi acara dengan  menampilkan modern dance,   menyanyi dan story telling. Setelah penampilan dari kelas VII D selesai, diikuti tampilan dari kelas lainnya. Sangat seru sekali, ada teman SD saya yang bernama Dhafin menampilkan permainan yang lagi digandrungi kembali saat ini yaitu rubik. Ada pula yang menampilkan chicken dance, beatbox, main piano, stand up comedy, dan banyak lagi. Tak terasa semua teman – teman sudah tampil, tibalah dipenghujung acara ada penampilan dari kakak – kakak OSIS, Rohis dan MPK. Saya sangat terhibur dan senang menyaksian acara Pensi hari ini. Acara selanjutnya yaitu acara penutupan MPLS angkatan 26 SMP Labschool Jakarta 2017 yang dipimpin oleh Pak Yuro, selanjutnya kami pulang.


Hari keenam. Jumat, 14 Juli 2017.

Kegiatan hari ini adalah melihat expo eskul, yaitu kegiatan yang memperkenalkan seluruh kegiatan eskul di SMP Labschool Jakarta ini. Ada 28 (dua puluh delapan) eskul yang diperkenalkan. Masing – masing eskul mempromosikan kegiatannya dengan cara membuat stand dan mendemonstrasikan kegiatannya. Saya tertarik dengan eskul robotik dan panahan. Kemudian saya mendaftar eskul robotik kareana saya menyukai hal – hal yang baru dan suka merancang sesuatu. Selanjutnya saya ingin mendaftar eskul panahan tetapi tidak jadi karena jadwalnya bentrok dengan eskul robotik. Saya sangat sedih dan kecewa, saya berharap disemester depan jadwalnya berubah sehingga saya bisa mengikutinya. Acara selanjutnya shalat Jumat berjamaah dan kami pulang.







Saya sangat senang bersekolah di SMP Labschool Jakarta karena memiliki fasilitas pendukung belajar yang sangat banyak dan lengkap, guru – gurunya baik  dan ramah, teman – teman baru  juga sangat menyenangkan. Tidak salah pilihan saya. Labschool Jakarta selalu “ Jaya”.

Terima kasih


Editor : M. Omar Berliansyah (20) VII A
Penulis : Bima Diptyasa (06) VII A



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cita Citaku

Sinopsis "menjadi blogger ternama"