Ekskul Kir




Ekskul KIR


SMP Labschool memiliki banyak sekali macam ekskul, contohnya adalah ekskul robotik,merpati putih yaitu eksul untuk beladiri,ekskul bahasa jepang,eksul bahasa perancis, dan banyak lagi. Salah satunya adalah ekskul KIR.

KIR merupakan akronim dari Karya Ilmiah Remaja, di saat ekskul KIR kegiatannya adalah bereksperimen dengan berbagai macam hal dan membuat karya-karya ilmiah, saya menyukai ekskul KIR, karena saya sangat suka bereksperimen dan belajar mengenai sains.
Hari pertama saat masuk KIR hanya perkenalan dan kita diberi tahu tentang alat-alat lab dan kita juga diberi tahu kalau setiap minggu kita harus membawa jas lab dan kertas laporan, beserta alat dan bahan untuk praktikum selanjutnya, untuk praktikum selanjutnya kami dibagi menjadi kelompok dan masing-masing kelompok membawa minyak goreng, pewarna makanan, botol kaca atau plastik dan pil CDR .

Saat harinya tiba kami pun membuat lava lamp sesuai cara yang sudah ditulis di papan tulis, tetapi lava lamp kami gagal, karena seharusnya lava lampnya tidak dikocok, dan pewarna makanan yang kami tuangkan ke botol terlalu banyak, sehingga warnanya bukan menjadi indah malah  menjadi seperti air selokan.

Hari ketiga kami masuk KIR awalnya mau eksperimen balon hidrogen tetapi tidak jadi, sehingga akan bereksperimen tentang listrik statis, di eksperimen itu kita mempelajari tentang listrik statis dengan cara menggosokan balon ke rambut dan saat di dekatkan ke kertas yang sudah di robek kecil-kecil kertas nya menempel pada balon, saat di dekatkan ke air yang sedang mengalir kebawah airnya akan menempel pada balon seperti magnet dan saat di dekatkan ke rambut teman rambutnya akan ke atas mengikuti balon.

Tetapi ada saatnya saat tidak ada KIR pada jadwalnya karena berbagai alasan seperti ada kegiatan sekolah seperti SALAM, dan juga saat libur Asian Games. Untuk kedepannya kami akan mencoba membuat balon hidrogen yang jika diberi api akan meledak, karena hidrogen itu gampang terbakar.
Sumber gambar : 
https://physicsmax.wordpress.com/2012/02/17/percobaan-listrik-statis/

Dibuat oleh: Bima Diptayasa 8B (07)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cita Citaku

Sinopsis "menjadi blogger ternama"

PENGALAMAN MPLS SMP LABSCHOOL JAKARTA