Kontribusi Ilmuwan Islam terhadap Sains dunia


Kontribusi Ilmuwan Islam Terhadap Sains Dunia

Ilmuwan adalah  orang yang ahli atau memiliki banyak pengetahuan mengenai suatu ilmu, menunut ilmu merupakan suatu keharusan bagi setiap manusia. Seruan Allah untuk menuntut ilmu terdapat di dalam Al Quran Surat Al-Mujadalah ayat 11, yang berbunyi.”Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”, karena itu banyak ilmuwan Islam yang membuat penelitian  dan penemuan, sebagai sarana untuk menunut ilmu, menambah wawasan dan juga untuk mempermudah hidup kita sehari-hari.
Pemikiran dari Ibnu Haitham                                                                                                        
Ibnu Haitham, atau Abu Ali Muhammad al-Hasan bin al-Haitsam, adalah ilmuwan Islam yang lahir di Basrah pada tahun 965 dan meninggal pada tahun 1039 di Qahirah, adalah ilmuwan Islam yang ahli dalam bidang sainsfalakmatematikageometri, dan optik. Ibnu Haitham dikenal di dunia barat dengan nama Alhazen, beliau telah meneliti banyak hal, tetapi penelitiannya yang paling dikenal adalah tentang cahaya, dan telah memberikan banyak inspirasi pada ahli sains barat, seperti Roger Bacon, dan Kepler dalam menciptakan mikroskop serta teleskop. Beliau dijuluki dengan bapak optik.
Sesungguhnya telah banyak ilmuwan Islam yang membuat dunia menjadi lebih baik, tetapi saya tidak bias membahas semuanya, dan hanya bisa membahas satu. Tetapi dari satu telah banyak kontribusinya untuk dunia sains.


Komentar

  1. semoga bagus hasil kartulnya dan dapat dipresentasikan dengan baik. Ingat kartul harus original dan bukan plagiat karya tulis org lain, tks

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cita Citaku

Sinopsis "menjadi blogger ternama"

PENGALAMAN MPLS SMP LABSCHOOL JAKARTA