Wisata Edukasi 2017


WISATA EDUKASI 2017

Wisata Edukasi SMP Labschool Jakarta 2017

  1. Waktu
Kegiatan Wisata Edukasi SMP Labschool Jakarta dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2017.

  1. Lokasi kegiatan

Wisata Edukasi SMP Labschool Jakarta dilaksanakan di :
  1. Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (puspitek) yang terletak di Serpong, Kota Tangerang Selatan, Propinsi Banten.
  2. Sky World yang berada di Taman Mini Indonesia Indah

  1. Peserta
Diikuti oleh seluruh siswa kelas VII SMP Labschool Jakarta

  1. Uraian Kegiatan

Pukul 06.30 WIB, Seluruh siswa berkumpul di halaman SMP Labschool Jakarta melakukan apel pemberangkatan. Kami mendapatkan pengarahan dari Kepala Sekolah, Ketua WOK dll. Kami pun juga melaksanakan doa bersama agar seluruh kegiatan pada hari ini dapat berjalan dengan lancar.

Pukul 07.15 WIB, kami menuju ke bis masing – masing. Kelas VIIA mendapatkan bis urutan         I, sehingga kami berangkat yang pertama.

Selanjutnya menuju Puspitek Serpong,  perjalanan kami tempuh kurang lebih  2 (dua) jam.

  • Kegiatan di Puspitek Serpong
Sebelum saya uraikan  kegiatan yang dilakukan di Puspitek Serpong, kami akan menjelaskan secara singkat mengenai Puspitek Serpong.

Puspiptek didirikan pada tahun 1976 atas gagasan Menteri Riset Republik Indonesia, saat itu, yakni Prof.Dr.Sumitro Djojohadikusumo dan pelaksanaanya direalisasikan oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi RI Prof. Dr.-Ing. B.J. Habibie.

Dengan tujuan untuk mendukung proses industrialisasi di Indonesia maka Puspiptek dirancang untuk menjadi kawasan yang mensinergikan SDM terdidik dan terlatih, peralatan penelitian dan pelayanan teknis yang paling lengkap di Indonesia serta teknologi dan keahlian yanq telah terakumulasikan selama lebih dari seperempat abad.

Puspiptek didirikan berdasarkan Keppres nomor 43/1976 tanggal 1 Oktober 1976. Pada saat itu, Puspiptek ditujukan sebagai kawasan terpadu untuk menempatkan sejumlah pusat penelitian milik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Tenaga Nuklir Nasional

Sesampainya disana, kami mendapat sambutan dari pihak PUSPITEK, kami menyaksikan penayangan video tentang sejarah dan manfaat PUSPITEK untuk kehidupan sehari hari, serta penyerahan cinderamata dari pihak PUSPITEK

Setelah itu masing-masing kelas menuju ke Laboratorium yang berbeda. Kelas saya, yaitu VIIA menuju ke Lab Fisika yang dimiliki oleh LIPI, sesampainya di  Lab fisika kita dibagi lagi menjadi dua kelompok  yang satu pergi ke Lab Magnet dan yang satu lagi pergi ke Lab Baterai.

Di Lab Magnet dijelaskan tentang berbagai alat yang dapat membuat magnet dan menghilangkan magnet, alat untuk mengukur elektromagnet dll.  Saya tidak mengetahui  apa yang dilakukan  di lab Baterai, karena saya tergabung dalam kelompok yang menuju ke Lab magnet sedangkan yang menuju ke Lab Baterai  adalah kelompok lain.

Seteleh semua kegiatan dari masing – masing kelompok selesai, kami meninggalkan PUSPITEK Serpong, menuju ke bus untuk melanjutkan perjalann ke Sky World di Taman Mini Indonesia Indah.

Di dalam bus kita mendapatkan makan siang yaitu nasi ayam “KFC” mmmm sangat nikmat sekali, karena dimakan bersama – sama dengan teman – teman. Kami juga mengganti baju batik menjadi baju angkatan “26”.  Suasana didalam bus tidak pernah sepi ataupun hening, karena banyak   yang  memainkan musik memakai mikrofon dan ada juga yang beatbox. Selain makan siang KFC, kami juga mendapatkan snack roti coklat, meskipun demikian banyak teman-teman yang membawa snack dari rumah. Perjalanan dari PUSPITEK Serpong ke Sky World Taman Mini Indonesia Indah kurang lebih kami tempuh dalam waktu 1 jam.

Tiba di TMII ternyata keadaan disana hujan, kita semua menyiapkan jas hujan atau payung. Tetapi alhamdulliah, setelah bisnya berhenti dan kita turun dari bis hujan pun reda, sehingga kita tidak jadi membawa jas hujan atau payung.

Saat sampai di TMII kita  tidak langsung menuju ke skyworld melainkan kita menuju ke masjid untuk melakukan Sholat Zuhur terlebih dahulu, selesai sholat banyak yang tidak langsung menuju ke bis sebagian ada membeli minum dan sebagian ada yang ke toilet, tetapi toilet disana dikenakan biaya sebesar Rp 2000/org sehingga kita harus membawa uang jika mau ke toilet dan kadang ada beberapa pedagang yang naik ke bus untuk menjajakan barang dagangannya.

Selanjutnya kita semua langsung menuju ke bus untuk menuju ke Skyworld yang berlokasi didalam TMII.

  • Kegiatan di Sky World.
Sebelum dimulai kegiatan kita di Sky World , saya juga akan mencerikan sedikit sejarah Sky world.

Among Putro SkyWorld Indonesia TMII (SkyWorld Indonesia) adalah wahana/taman rekreasi-edukasi bertemakan antariksa dan aeronautika (Space & Aeronautics).Berlokasikan di dalam kawasan Taman Mini “Indonesia Indah” Jakarta Timur; lahan eks Taman Among Putro (20.000 m2), SkyWorld Indonesia dibangun dan pengelolaannya dibawah PT. Rekreasindo Global Utama (sister company dari PT Kriya Indo Makmur) .

Dengan konsep tersebut, visi-misi SkyWorld Indonesia adalah berpartisipasi dalam mengedukasi generasi bangsa Indonesia khususnya anak-anak (pelajar) dan generasi muda tentang wawasan-ilmu seputar dunia antariksa, aeronautika dan teknologi-teknologinya.

Sesampainya disana kita disambut oleh pihak Skyworld. Seperti di PUSPITEK, kita juga menyaksikan video, tetapi di Skyworld tidak dijelaskan mengenai sejarah tempat itu, tetapi tentang sejarah alam semesta dari big bang sampai sekarang.

Didalam terdapat banyak poster – poster yang menambah pengetahuan kita tentang luar angkasa seperti legenda- legenda jaman dahulu tentang luar angkasa, pengetahuan tentang planet seperti misalnya diameter, massa, lama revolusi,lama rotasi,dll. Juga ada tentang ilmuwan  astronomi yang berjasa di bidang astronomi.

Bahkan ada juga ada miniatur roket dari berbagai negara di dunia termasuk Indonesia.
Pada saat berangkat tadi kita diberi LJK yang jawabannya ada di Skyworld dan PUSPITEK sehingga banyak sekali yang memadati tempat tertentu di Skyworld karena masing – masing  ingin mengisi LJK nya.

Di Skyworld juga ada planetarium dan bioskop 4D. Di planetarium kita dijelaskan tentang tata surya, rasi bintang,dll. Tetapi saat ingin menonton bioskop 4D kita harus mengantri dulu karena di bioskop tidak ada cukup kursi untuk semuanya sehingga harus bergiliran.

Setelah selesai berkeliling dan mencoba fasilitas – fasilitas, kami segera meninggalkan  Sky World.

Pada saat itu hujan sangat deras dan hanya sedikit siswa yang membawa jas hujan dan payung, karena kondisi udara dingin banyak siswa yang membeli popmie padahal sudah disediakan makanan dari Sekolah berupa pizza.  Karena banyak yang asyik mengobrol dan menikmati makanan, siswa – siswa termasuk saya, tidak sadar bahwa ada barisan perkelas untuk menuju ke bus, sehingga ketika kita sadar bis kelas kita telah berangkat.  Ternyata saya tidak sendirian tetapi ada banyak juga yang tertinggal bus untunglah bus itu hanya untuk menuju ke masjid. Kita harus naik bus untuk ke masjid karena cuaca saat itu hujan deras. Setelah sampai, kita pun melakukan shalat ashar karena saat itu jam sudah menunjukan pukul 17.30 WIB. Selanjutkan kita melaksnakan  shalat Mahgrib.

Pada awalnya seharusnya pergi ke dunia air tawar tetapi di batalkan, karena sudah terlalu malam.

Selesai shalat magrib kitapun langsung menuju ke bus, tetapi ternyata sebagian siswa sudah ada yang dijemput di TMII, sehingga di bus saat pulang tidak terlalu ramai. Meskipun sudah lama berada didalam bis, tetapi bis tidak segera berangkat – berangkat. Sayapun bertanya kepada bu Pur, ternyata penyebab bus kita tidak berangkat-berangkat karena ada teman saya yang Hpnya hilang sehingga harus dicari. Alhamdulilah  Hpnya ditemukan di bus kelas 7B.

Akhirnya kita berangkat meninggalkan TMII menuju kembali kesekolah. Meskipun sudah malam, ternyata teman- teman tidak merasa capek, teman – teman ada yang memainkan musik di mikrofon. Suasana di bus sangat seru sehingga  perjalanan yang macet tidak kita rasakan.

Kurang lebih pukul 19.30 WIB kami tiba disekolah kita tercinta, SMP Labschool Jakarta, dan orang tua saya pun sudah menjemput.

Wisata Edukasi ini sangat menyenangkan, mudah – mudahan kapan – kapan kita melakukannya lagi.


Penulis : Bima Diptayasa (06) VIA

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cita Citaku

Sinopsis "menjadi blogger ternama"

PENGALAMAN MPLS SMP LABSCHOOL JAKARTA